Rempeyek Renyah Ekonomis by JE deBloom



by JE deBloom

Assalamualaikum sahabat deBloom . . . Sudah memasuki hari kedelapan Ramadhan, alhamdulillah lancar semuanya๐Ÿ˜Š Diingatkan suami, menu buka hari kedelapan adalah Nasi Pecel Komplit. Padahal saya sudah nyiapin bahan untuk bikin Soto Santan Khas Blitar. Awal puasa kemarin kami memang sudah bikin rencana menu selama bulan Ramadhan, karena biar tidak tabrakan dengan selera masing-masing warga, hehehe๐Ÿ˜Š Oiya . . . Rempeyek ini sengaja dibuat untuk melengkapi menu Nasi Pecel. Resep yang saya pake ini sangat ekonomis karena tidak menggunakan telur dan santan, dan dijamin kriuk . . . kriuk . . . Renyaaahh, meski tanpa air kapur sirih๐Ÿ‘ Hhmm . . . Yummy deh, dicoba ya๐Ÿ˜Š


Hasil jadi: 5 porsi
Bahan-bahan
250 gram tepung beras
50 gram tepung tapioka
350-400 ml air
250 gram kacang tanah, belah menjadi dua
Daun jeruk purut, iris tipis
Bumbu-bumbu:
3 siung bawang putih
3 btr kemiri
1/2 sdm ketumbar
1 ruas kencur
1/2 sdm garam dapur, sesuaikan dengan selera ya


Langkah

Siapkan dan timbang bahan sesuai resep.
Uleg semua bumbu hingga halus.
Masukkan semua bahan kedalam wadah (kecuali air dan kacang tanah). Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mendapatkan adonan yang licin dan tidak bergerindil.
Ambil mangkuk kecil, tuang sedikit adonan, beri kacang secukupnya. Goreng dengan api sedang hingga rempeyek matang. Jangan memasukkan semua kacang kedalam adonan tepung agar kacang tidak melempem karena terendam dalam adonan.
Angkat rempeyek dari wajan dan tiriskan dalam posisi setengah berdiri dan terbalik agar tidak menyerap banyak minyak.


Ini hasil jadinya, Rempeyek Renyah Ekonomis siap disajikan. Selamat mencoba!








Subscribe to receive free email updates:

close