Nugget Pisang Keju by Susi Agung



by Susi Agung

Ceritanya hari minggu lalu saya pergi ke Tangerang, seperti biasanya tiap kali lewat kampung orang saya selalu jelalatan ngliatin buah, sayuran atau hasil bumi apa yg bisa saya bawa pulang, nah kebetulan sekali ada penjual pisang kepok yg dagangannya cakep bgt, pisangnya tua & besar2, tanpa pikir panjang saya lgsg beli, alhamdulillah harganya murah sekali di banding harga pisang yg sama diseputaran tempat tinggal saya.
Sampai dirumah pisangnya gak dibikin apa2 karena hari senin dan selasa kemarin saya sibuk (ciieehhhπŸ˜†), jadi itu pisang saya biarkan merana smp matang dan mulai menghitam. Akhirnya tadi pagi buru2 saya berdayakan menjadi nugget pisang, bahan asal cemplung, terus saya tambahkan keju biar rasanya makin oke, dan Masya Allah senengnya, anak2 pulang sekolah lgsg nyerbu nugget pisang buatan mamanya sambil berterimakasih bahwa nugget pisangnya enak sekali☺️ . Resep ini saya pakai pisang kepok 1 kg, silahkan sesuaikan bahan bila ingin membuat dlm porsi lebih sedikit.


Bahan-bahan
1 kg pisang kepok (hancurkam dg garpu)
4 sdm susu bubuk
6 sdm tepung terigu
100 gram keju cheddar parut
1/2 sdt garam
4 sdm gula pasir (sesuai selera)
2 butir telur (kocok lepas)
Pelapis:
Secukupnya terigu & air (campur sampai kental untuk pencelup)
Secukupnya tepung panir


Langkah

Campur pisang lumat dg terigu, susu bubuk, gula pasir, garam & keju, aduk rata, masukkan telur, aduk rata kembali lalu taburi keju parut, aduk sampai semua tercampur rata.


Tuang adonan kedalam loyang yang sdh dialasi plastik (jangan diolesi minyak ya karena adonan nanti akan susah dibalut tepung panir)


Masukkan kukusan yang sudah mendidih, kukus selama 20-25 menit atau sampai matang.


Keluarkan dari kukusan, tunggu dingin baru dipotong-potong.


Celupkan kedalam adonan pencelup, gulingkan dalam tepung panir sampai rata, lakukan sampai selesai. Note: donan pencelup bisa menggunakan telur kocok saja, tapi bila tidak langsung habis dimakan lalu disimpan di kulkas biasanya baunya akan amis, karena saya buat dalam jumlah banyak takut tidak habis sekali makan, pencelupnya saya pakai terigu yang dilarutkan air saja, selain anti amis jatuhnya lebih ekonomis juga, hihihi...


Goreng nugget dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang kekuningan, angkat, tiriskan.


Bisa langsung disajikan begitu saja atau di celupkan coklat leleh juga lebih nikmat.






Subscribe to receive free email updates:

close