Bakso Sapi (Dengan Daging Fresh) by Fitri Sasmaya



by Fitri Sasmaya

Sudah berkali kali bikin bakso tapi ukuran bakso masih belum bisa sama. Harus terus belajar agar ukuran bakso bisa sama. Oh iya, Selama ini, saya membuat bakso selalu pakai daging yang sudah di frozen, kali ini saya buat dari daging fresh, belum masuk freezer ya. Dan hasilnya kenyal banget, dan fresh. Ini agak berbeda dengan tesep sebelumnya, ini saya tambahkan bawang merah goreng dan jumlah es batu lebih banyak.
Oh iya ini saya sertakan tips membuat bakso ya, tipsnya saya rangkum dari resepkoki dan Femina dan juga dari hasil percobaan saya membuat bakso:
●lebih baik pakai daging sapi segar, walaupun daging sapi frozen juga bisa dipakai tapi rasanya tetap mantap yang fresh. saya sudah pernah share bakso dengan daging frozen, untuk tekstur sama yaa teteap kenyal.
●bagian daging sapi yang paling tepat untuk dijadikan bakso adalah bagian dengan sedikit lemak dan tanpa urat, seperti bagian pundak dari daging sapi.
●Saat menghaluskan daging, jangan lupa untuk menambahkan es batu yang telah diserut. Es batu ini berfungsi untuk mengikat serat daging sehingga bakso pun menjadi kenyal.
● didihkan air lalu kecilkan api ato matikan api baru bulatan2 bakso di masukkan ya, agar ulatan2 bakso tidak langsung matang. tapi matangnya pelan2, hal ini akan berpengaruh ke tekstur bakso juga.
●celupkan bakso yang telah matang ke air es, Hal ini diperlukan untuk menghentikan proses pematangan dari bakso sehingga tidak jadi terlalu lembek


Bahan-bahan
500 gram daging sapi
2500 ml air, untuk merebus
70 gram tepung tapioka, sekitar 7sdm
130 gram es batu, hancurkan lembut ya
2 sdt garam
1/2 sdm bawang putih bubuk/3 siung bawang putih, haluskan
1 butir putih telur
1 sdt baking powder
1 sdt merica bubuk
1 sdt bawang merah goreng, haluskan dulu ya
Kuah bakso:
2000 ml air sisa rebusan bakso, lebih enak jika kuahnya pakai tu
Secukupnya garam, merica
10 siung bawang putih,
1 batang daun bawang, potong2
Bahan pelengkap:
secukupnya mie kuning/putih, rebus
secukupnya sambal rebus
secukupnya saos sambal, kecap manis


Langkah

Potong2 daging lalu masukkan ke food processor, proses hingga halus masukkan juga es batunya. Proses lagi sampai halus.


Tambahkan putih telur, tepung tapioka, garam, merica, baking powder, bawang putih bubuk, bawang merah goreng. Proses lagi sampai tercampur rata dan bener2 halus


Ambil adonan secukupnya, lalu bulat2kan.


Didihkan air, kecilkan api, boleh juga dimatikan apinya, lalu masukkan bulatan2 bakso, tunggu sampai bulatan2 bakso mengapung. angkat tiriskan


Langsung masukkan ke air es batu/air dingin. Ini Tekstur baksonya kenyal


Kuah Bakso: tumis bawang putih sampai harum, tuang kedalam air bekas rebus bulatan2 bakso, beri merica dan garam, daun bawang.


Sajikan bakso dengan pelengkapnya ya




Subscribe to receive free email updates:

close