Lapis Singkong by Nurmy Widiasuti



by Nurmy Widiasuti

Bismillah,

Lapis Singkong

Dear pasukan ibu,
Alhamdulillah sampai sekarang saya masih tinggal dekat mama. Masakan mama masih sering saya rasakan.
Tapi untuk kudapan, mama sudah jarang membuatnya.
Mama dulu sering sekali membuat kudapan dari singkong. Dulu waktu saya kecil mama menanam singkong.
Jadi sering banget buat kudapan dari singkong.
Yang paling saya suka lapis singkong.
Bagi saya kecil kue ini enak, teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih menyamarkan rasa singkongnya menurut saya. Dan warna nya yang warna warni selalu membuat saya tertarik.
Saya bahkan lupa kapan terakhir mama buat ini. Mungkin 20 tahun yang lalu. Event ini membuat saya merindukan lapis singkong ini. Betapa lama saya sudah tidak memakannya.
Mama sepertinya pada umumnya orang tua, tak ada takaran pastinya
Semua berdasarkan kira-kira.
Dan inilah resep nya yang saya kali ini saya takar khusus untuk ncc weeks masakan ibu


Bahan-bahan
650 gr singkong yang telah di kupas dan diparut
165 gr gula pasir
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 bungkus agar-agar putih
Pewarna merah, kuning, hijau

-Taburan :
1/4 butir kelapa parut
Garam
Kukus 15 menit


Cara membuat :
- panaskan dandang atau kukusan dengan api sedang
- Siapkan loyang yang diolesi minyak goreng
- Campur semua bahan kecuali pewarna.
- campur hingga rata
- Bagi menjadi tiga bagian
- Satu bagian beri warna merah
- Satu bagian beri warna kuning
- Dan satu bagian lagi beri warna hijau
- Tuang warna merah ke loyang, kukus 15 menit
- Timpa warna merah dengan warna kuning, kukus 15 menit
- Terakhir masukan adonan warna hijau dan dikukus 20 menit
- Angkat, biarkan dingin, potong-potong dengan pisau yang di alasi plastik.
- Sajikan dengan taburan kelapa parut kukus




Subscribe to receive free email updates:

close