Resep Anak Kos | Martabak Manis Teflon by ENIEMENIE



by ENIEMENIE

Jajanan malam favorit orang indonesia yang ternyata simpel banget bahan-bahannya! Yang terpenting adalah teknik mengatur suhu api agar martabak tidak gosong, tetapi tetap nyarang :) pertama-pertama saya coba sempet gosong bagian luarnya, tapi setelah latihan lagi dan lagi, akhirnya martabak bisa sesuai dengan harapan, resepnya juga sesuai untuk anak kos karena bahannya murah dan mudah didapat, hasilnya lumayan banyak jadi bisa patungan buatnya.. mixer bisa diganti whisk kalo ga ada, selamat mencoba!


Bahan-bahan
350 ml air
175 gr cakra kembar
175 gr terigu serbaguna
2 sachet susu bubuk
1/2 sdt garam
1 butir telur
1 sdm gula pasir
1 sdt baking soda
1 sdt vanilli/matcha/perisa (optional)
🍴 Topping :
margarin / butter
susu kental manis
keju/kacang/meises/nutella/dll


Langkah

Campurkan tepung, susu bubuk, gula, garam, telur, dan air ke dalam wadah, mixer dengan kecepatan tinggi hingga tidak ada gumpalan.
Tutup wadah dengan cling wrap atau handuk lembab, tinggalkan di tempat hangat selama 1 jam.
Setelah 1 jam, Masukan baking soda, dan perisa, mixer hingga merata.
Panaskan pan, tes dengan memercikan air, apabila air langsung menguap, tuang adonan lalu goyang-goyang agar terbentuk pinggiran khas martabak.
Setelah mulai muncul gelembung2 dari pinggir adonan, kecilkan api, taburkan gula bila suka, tutup dan tunggu hingga martabak nyarang menyeluruh.


Angkat martabak, olesi bagian dalam dengan margarin, bagi 2, taburkan skm dan topping yang disuka.
Lipat martabak, olesi bagian atas martabak dengan margarin kalau suka, potong jadi 4 bagian atau lebih (tergantung ukuran teflon) Martabak siap disajikan.




Subscribe to receive free email updates:

close