Apem / Kue Mangkok Tidak Mekar by Dina Syamer Syofia



by Dina Syamer Syofia

Ada tape nasi di kulkas. Dibuat apem aja. Ini pertama kalinya aku buat apem. Alhamdulillah berhasil. Karena ga ada baking powder, aku pakai baking soda, jd agak mekar gitu sedikit. Resepnya mudah dan ga ribet. Rasanya jg enaak. Asal ikuti stepnya dan raginya fresh, mudah2an berhasil. Source : Fridajoincoffee. Mksh mba Frida resepnya.


Hasil jadi: 15 buah
Bahan-bahan
150 gr gula pasir
250 ml air
150 gr tepung beras
35 gr terigu segitiga
100 gr tape singkong haluskan (aku tape nasi)
1 sdt ragi instan
1 sdt baking powder (aku baking soda)
pewarna makanan (aku pake pasta pandan, pasta nanas, pewarna pink)
daun pandan (aku ga pake)


Langkah

Masak air bersama gula diaduk2 sampai gula larut, ga perlu sampai mendidih. Biarkan hangat.
Campur terigu, tepung beras dan tape. Tuangkan air gula HANGAT sedikit demi sedikit sambil diaduk pakai whisk sampai tidak bergerindil.


Masukkan ragi instan, aduk rata.


Diamkan 30 menit. Tutup serbet atasnya. Adonan akan bergelembung dan mengembang 2x lipat.Diamkan di oven yg ditutup tapi ovennya mati ya.


Setelah 30 menit, masukkan baking powder. Aduk sampai busanya hilang.


Panaskan kukusan sampai beruap. Tutupnya alasi serbet biar uap air ga menetes ke kue. Oles cetakan dg minyak/mentega. Aku pakai carlo kw resepnya dik Tari.


Bagi adonan, beri warna sesuai selera. Tuang ke cetakan, jgn penuh, nanti meluber pas dikukus. 3/4 isi aja. Aku hampir penuh, jd pas dikukus jd mekar dan meluber. Mgkn krn pakai baking soda jg. Entahlah. Hehehe


Kukus dg api sedang cenderung kecil 20-25 menit. Setelah matang keluarkan dari cetakan. Hmmm enaakk. Pas dikukus keluar aroma wanginya.
Simpan dalam wadah tertutup kalau ga langsung habis. Selamat mencoba yaaa






Subscribe to receive free email updates:

close