Bubur Biji Salak by Dee_Angelizt




by Dee_Angelizt

Bahan-bahan
 1 kg ubi jalar (saya beli yang warna orange)
 150 gr tepung sagu/tapioka
 1 sdt garam
 Bahan kuah:
 1 1/2 liter air
 150 gr gula merah
 4 sdm gula pasir
 1/2 sdt garam
 1 lembar daun pandan
 4 sdm tepung tapioka
 1 bks vanilli
 Bahan santan:
 1 bungkus santan kara uk. 65ml
 400 ml air
 1/2 sdm garam

Langkah
 Kupas ubi.. Cuci bersih lalu kukus kurleb 20menit.. Atau sampai matang.. Angkat.. Haluskan selagi panas.. Gunakan sendok atau sendok nasi untuk melumat atau bisa jg dengan menggunakan gelas.. Jika sudah halus.. Masukkan garam.. Tepung sagu masukkan sedikit demi sedikit.. Uleni sampai adonan kalis.. Dan tidak lengket di tangan.. Bentuk bulat sebesar kelereng atau selera saja.. Lakukan sampai adonan habis.. Sisihkan..



Rebus air. Bersama gula merah.. Jika gula merah sudah larut.. Angkat.. Saring.. Lalu rebus kembali bersama gula pasir.. Vanilli.. Garam.. Dan daun pandan.. Jika sudah mendidih.. Masukkan tepung sagu yg sudah di larutkan ke dalam air.. Aduk hingga air mengental dan meletup.. Angkat.. Sisihkan..
 Rebus air dalam panci.. Jika sudah mendidih masukkan adonan ubi yg sudah di bulat bulatkan tadi.. Jika sudah mengapung.. Angkat.. Masukkan ke dalam rebusan gula tadi..
 Untuk santan.. Rebus Santan kara yg sudah di larutkan ke dalam air bersama garam.. Aduk trus supaya santan tidak pecah..jika sudah matang Angkat..
 Taruh biji salak dalam mangkuk.. Lalu siram. Dengan air santan.. Sajikan.. 😇😇


Subscribe to receive free email updates:

close