Jenang Rangrang/Bubur Ketan by Michico Octavian



by Michico Octavian

Minggu ini saya paling suka ngerikuk cemilan yang berbau jadul πŸ˜ƒ
Buat ngobatin kangen makanan masa kecil,bubur ini salah satu nya udah tahunan gk pernah nyicipin bubur iniπŸ˜‚
Pas lihat di postingan nya bundo langsung di cookmark&di eksekusi ahirnya bisa juga nyicipin bubur ini lagiπŸ˜ƒ
Oia ini beras ketan nya saya rendam semalamam biar cepat proses memasak nya&ini saya masak porsi banyak jadi takaran bahan nya saya tidak takar cuma pakai kira" saya share resep asli nya aja ya tapi foto step by step nya versi porsi banyakπŸ˜€,kalau pengen bikin porsi banyak tinggal di kali aja takaran bahan" nya πŸ˜„
Source:Dapur VY


Bahan-bahan
100 gr beras ketan,cuci bersih
1250 ml santan encer
2 lembar daun pandan
sejumput garam
100 gr gula aren *sesuai selera
saus santan:
300 ml santan dari kelapa setengah tua
1 sdt garam
2 lembar daun pandan
1/2 sdm maizena,encerkan


Langkah

Rebus beras ketan,daun pandan&garam menggunakan 1 liter santan sampai mekar


Sambil sesekali di aduk masak beras ketan sampai menyerupai bubur *untuk tekstur bubur nya bisa sesuai selera kalau saya tidak terlalu hancur butiran beras nya biar masih bisa di kunyah 😊


Dalam panci lain masak sisa santan bersama gula merah sampai gula mencair


Saring gula yang sudah mencair kedalam panci bubur aduk rata&matikan api


Untuk saus santan nya masak semua bahan kecuali maizena sampai benar" mendidih kemudian kentalkan dengan larutan maizena


Sajikan bubur dengan saus santan😊


Ini enak banget






Subscribe to receive free email updates:

close