Donat Kentang Enak, Lezat, Menyehatkan by J Mom's



by J Mom's

Bocah Lanang suka donat. Emaknya kudu bisa buat deeeh..


Hasil jadi: 28-30 buah
Bahan-bahan
200 gram kentang dikupas, bersihkan, kukus
500 gram terigu cakra
100 gram gula halus
6 gram pengembang (fermipan)
4 butir merah telur
80 ml susu cair dingin
1/4 St garam halus
75 gram mentega


Langkah

Kentang yang telah dikukus dinginkan lalu hancurkan
Campur rata terigu, fermipan, gula halus lalu tambahkan kentang tersebut. Aduk rata
Masukkan telur satu per satu sambil diaduk2 (saya pakai tangan)
Masukkan susu sedikit sedikit sambil diaduk2 sampai adonan kalis (tidak menempel di tangan)
Setelah Kalis, masukkan mentega dan garam. Aduk aduk lagi sampai tercampur rata
Saya masih pakai cara kuno, supaya adonan menyatu, saya lempar2 adonan beberapa kali (hitung2 olahraga😊)
Tutup adonan dengan plastik wrap (jika tidak ada boleh gunakan serbet atau kain yang agak dibasahi sedikit agar lembab)
Diamkan sampai 30menit


Ambil sedikit sedikit sesuai selera bentuk menjadi bulatan. Bentuk semua sampai adonan habis. Diamkan kira kira 20 menit sampai adonan mengembang
Karena saya tidak ada cetakan donat, saya pakai leher botol kecil untuk membuat tengah donat. Setelah adonan mengembang panaskan api dengan api sedang. Jangan besar. Buat bolongan donat lalu masukkan ke wajan yang telah panas.
Jangan lupa dibalik agar matang sempurna.
Dinginkan donat. Enak dimakan langsung atau diberi topping sesuai selera 😊




Subscribe to receive free email updates:

close