Resep Kue Lapis Surabaya Tanpa Pengembang Tetap Lembut dan Halus Banget Meski Hanya Menggunakan Telur!!

Sudah lama sekali aku tidak bikin spiku, atau lapsur alias kue lapis surabaya. Padahal kue lapsur ini salah satu kue kesukaan suamiku tercinta. mungkin penyebab aku jarang bikin karena tidak nahan dompetnya untuk menyediakan butter dan kuning telurnya yang seabreg itu hehehe,,,

Kali ini aku bikin pakai 10 telur atau 1/3 dari resep aslinya dan menggunakan loyang sekat ukuran 24 cm. Kalau bunda tidak punya loyang sekat, bisa pakai loyang brownies. Untuk metode pembuatannya aku suka pakai cara mengocok butter terlebih dahulu, tapi bisa juga pakai metode seperti membuat spongecake yaitu butternya dilelehkan terlebih dahulu kemudian di campurkan dengan bahan lain yang sudah di kocok. Untuk rasanya sama-sama enak, tapi menurut aku pribadi lebih bagus pakai butter kocok karena teksturnya lebih halus dan lembut. Apabila bunda tidak percaya silahkan bunda coba dengan resep di bawah ini.


Dari semua resep lapis surabaya menurut saya resep Ibu Fatma Bahalwan yang paling enak dan tanpa bahan pengembang. Proses pengembangan kue hanya menggunakan telor.

Bahan-bahan untuk 10 porsi :

Lapisan Kuning 

10 Butir Kuning Telur
100 Gr Gula Pasir
100 Gr Butter
25 Gr Margarine
50 Gr Tepung Terigu
1/2 Sdt Vanili

Lapisan Coklat

10 Butir Kuning Telur
100 Gr Gula Pasir
100 Gr Butter
25 Gr Margarine
40 Gr Tepung Terigu
10 Gr Coklat Bubuk
1 Sdm Pasta Coklat

Langkah langkah -+ 90 menit

Panaskan oven dengan panas 180 c. Kocok butter dan margarine menggunakan mixer kurleb 10 menit dan pisahkan.

Kocok kuning telur dan gula pasir kurleb 15 menit hingga berwarna pucat dan mengembang. Masukkan mentega kocok ke dalam adonan gula, boleh dicampur menggunakan mixer dengan kecepatan paling rendah kurleb 1 menit.

Masukkan tepung terigu & vanili atau coklat bubuk (untuk lapisan coklat) sambil diayak. Aduk menggunakan spatula. Tambahkan pasta coklat untuk pembuatan lapisan coklat.

Siapkan loyang 20x20x4 yang sudah diolesi dengan margarine, letakkan kertas roti dan oles lagi dengan margarine. Masukkan adonan kedalam loyang. Panggang selama 25 menit menggunakan api bawah dan tambahkan 5 menit menggunakan api atas. Lama waktu memanggang tergantung dari oven yang digunakan. Bisa di test dengan menusuk kue untuk mengetahui apakah benar sudah matang atau belum.

Tumpuk lah lapisan kue tersebut dengan menaruh lapisan coklat di bagian tengah. Sebelum menaruh lapisan, olesi setiap bagian kue dengan selai strawberry. Sebaiknya setiap lapisnya ditumpuk apabila sudah dingin. Jangan menumpuk lapisan dalam keadaan masih panas atau baru keluar dari oven.

Selamat menoba semoga berhasil , jangan lupa di share ya!!

Resep Oleh : 

Subscribe to receive free email updates:

close