Resep Ikan Kembung Bakar Ala Rumah Makan Padang Sepiring Nasi Mah Kurang Lamak Bana Pokonya !!

Inyiak (nenek) saya urang awak. Mungkin dari beliau lah saya mewarisi lidah yg doyan sama makanan pedas, gurih & asin. Khas masakan Sumatera Barat. Rasanya walau hanya pake sambel, sepiring nasi pun bisa lenyap kedalam perut saya! Tanpa sambel ibarat taman tak berbunga bagi saya. Apalagi sambelnya sampe buat keringat mengucur & mulut ber"uh..ah..", tambuah ciek uda! 😁

Masakan Padang paling favorit buat saya selain si legendaris rendang Padang & dendeng balado ya si ikan bakar ini. Gurih & wangi bumbunya bikin nasi sepiring terasa kurang. Daging ikannya yg juicy bikin mulut berkata: "Lamak bana!! (Enak banget.)". 😤 😁

Bahan-bahan untuk 3 porsi

3 ekor ikan kembung banjar ukuran sedang (Di daerah saya disebut kembung kuring. Boleh diganti ikan jenis lain.)
1 bh jeruk nipis
60-70 ml santan kental (Boleh pake santan instan.)

🐟 Bumbu yg dihaluskan :

8-10 bh cabai merah (Sesuai selera.)
8 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Seruas kunyit
Seruas Lengkuas
seruas jahe

🐟 Bumbu lainnya :

1 btg serai, memarkan.
1 lbr daun kunyit, simpulkan.
5 lbr daun jeruk purut, buang tulang tengahnya.
Sesuai selera garam
sesuai selera gula
Sesuai selera lada
5 sdm minyak goreng
1/2 gelas air putih
Secukupnya margarin untuk mengoles panggangan.

Langkah

Bersihkan ikan. 
Kucuri Dengan air jeruk nipis, lumuri sedikit garam.
Siapkan wajan. 
Panaskan minyak goreng. 
Masukkan bumbu halus & bumbu lainnya. Tumis hingga harum, tuangkan air.
Masukkan santan. 
Tambahkan garam, gula & merica. Aduk-aduk hingga mendidih. 
Cicipi rasanya.

Masukkan ikan, lumuri bumbu hingga merata. Masak Dengan api sedang sambil diaduk perlahan hingga bumbu meresap & mengental. Matikan api.

Panaskan panggangan (Boleh pake panggangan moderen, pan teflon juga monggo. Tapi kalo mau lebih ada wangi khas ikan bakarnya ya silahkan pake arang / batok kelapa 😊.) *Saya pake panggangan teflon untuk kompor gas.

Olesi panggangan Dengan margarin. 

Panggang ikan Dengan api kecil (Kalo pake panggangan diatas kompor kayak saya.) Bolak-balik ikan sambil dioles sisa bumbu hingga matang merata.

Sajikan Dengan nasi hangat. 
Apalagi kalo ditemenin sama sambal lado Padang, dijamin makin tambuah ciek, duo, tigooo... 😁

Selamat mencoba buntik buntik ....


Resep Oleh : 

Subscribe to receive free email updates:

close