Resep Chai Pau Medan , Cemilan Sarapan Yang Mengenyangkan Juga Menyehatkan Penuh Akan Gizi !!

Kue satu ini tergolong makanan sehat karena terbuat dari ubi dan sayuran. Sangat gampang dijumpai kalo kita pergi ke daerah Medan. Teksturnya kenyal dan rasanya manis karena terbuat dari ubi, untuk isian bisa dibuat sesuai selera dengan catatan harus kering. Cemilan ini cocok buat sarapan selain mengenyangkan juga menyehatkan dan tentunya murah bergizi. Selamat mencoba....😁

Bahan-bahan

Bahan Kulit :
500 grm Ubi Rambat Kuning
500 grm Tepung Kanji (Ayak Halus)
1 sdt Garam

Bahan Isian :

3 bh Bengkuang ukr Sedang
3 bh Wortel
1 ons Buncis
1 sdm Ebi / Udang Kering
secukupnya Garam dan penyedap rasa
Air sedikit untuk ulenin adonan

Langkah Pembuatan:

Pertama buat kulitnya dulu. Kupas ubi rambat yang sudah dicuci bersih, potong kotak kecil2 lalu rebus/ kukus sampai matang. Dalam keadaan panas campurkan tepung kanji sedikit secara bertahap kedalam ubi rambat sambil diremas dan ditekan sampai hancur. Tambahkan air sedikit saja ulenin sampai kalis dan adonan tidak lengket. Sisihkan dulu.

Kemudian kita buat isiannya, bengkuang, wortel diparut kasar. Sedangkan buncis potong kecil2 saja. Haluskan bawang putih, ebi dan merica, tumis sampai harum lalu masukkan sayur dan dimasak bersamaan. Tambahkan garam dan penyedap rasa. Jangan ditambahkan air karna bengkuang sudah mengeluarkan air. Tunggu dingin baru kita isi.

Pipihkan adonan sekitar ketebalan 1/2 cm, lalu cetak lingkaran dengan mangkuk. Beri isian ditengah 1 sdm / sesuai selera. Lipat dua dengan telapak tangan seperti membuat pastel. Lebih rapi jika make cetakan pastel (saya pakai tangan 😁). Susun diatas daun pisang yang telah diberi minyak. Olesin juga permukaan kue agar tidak lengket saat dikukus.

Kukus dengan api besar sekitar 10-15 menit sampai matang. Sajikan hangat dengan sambal. Yummy...


Resep Oleh : 

Subscribe to receive free email updates:

close