Resep Gulali Kacang Tradisional Jajanan Tempo Doeloe. Kembalikan Kenangan Masa Kecilmu 😆

#jajanantempodoeloe 

Waktu kecil doyan banget jajan permen gulali, tiap sekolah sd gak pernah kelewat yang namanya jajan permen gulali, mulai dari permen gulali yang suka dibentuk macem-macem sama abangnya, sampe yang gulali kacang yang bentuknya kaya lolipop. Rasanya enak banget manis-manis ditambah gurih dan kriuk dari kacangnya, nah sambil nostalgia akhirnya kesampean juga bikin gulali sendiri ternyata bahan dan cara buatnya simpel loh.. let's try it..

Bahan-bahan untuk 3 porsi

  • 1 buah gula merah / gula aren
  • secukupnya air putih
  • secukupnya kacang tanah siap makan


Langkah langkah memakan waktu -+ 15 menit

Siapkan bahan-bahanya yaitu gula merah, air, dan kacang. Kemudian tumbuk / hancurkan kacang tanah yang sudah siap makan, saya pakai kacang kulit kemasan, tumbuk kasar jangan sampai terlalu hancur. Selanjutnya iris halus gula merahnya.

Panaskan teplon anti lengket, kemudian masukan gula dan air aduk-aduk terus sampe mendidih. Setelah mendidih tambahkan kacang tumbuk aduk terus sampai mengental.

tunggu adonan gulali sampai tidak terlalu panas, kemudian gunakan tusuk sate atau sumpit untuk membentuk gulali seperti lolipop. saya menggunakan sumpit.

Setelah dibentuk, tunggu gulali sampai benar-benar adem tidak panas lagi kemudian masukan gulali ke dalam lemari es, setelah mengeras gulali kacang tradisional siap dinikmati. :)


Resep Oleh : 

Subscribe to receive free email updates:

close